Apa Jenis Norma Yang Dilanggar

pertanyaan44 Views

Kamu nanya? Bertanya-tanya? Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan apa jenis norma yang dilanggar, kamu berada di halaman yang tepat. Kami punya sekitar 10 tanya jawab mengenai apa jenis norma yang dilanggar. Silakan baca lebih lanjut di bawah.

contoh gambar norma kesopanan jawat kos

sanksi terhadap pelanggaran jenis norma

Pertanyaan: sanksi terhadap pelanggaran jenis norma

tergantung norma ap, kalo norma hukum itu penjara atau hukuman secara konstitusi, contohnya kayak penjara, atau denda, kalo norma masyarakat itu biasa cemooh atau ejekan dari masyarakat dan dikucilkan dari masyarakat. semoga bermanfaat, maaf kalo salah.

kelompokkan jenis pelanggaran norma!

Pertanyaan: kelompokkan jenis pelanggaran norma!

1. norma agama
Tidak mendirikan sholat, berpuasa di bulan Ramadhan, membayar zakat dll. Bagi yang memeluk agama islam.
Berzina, mabuk-mabukan, mencuri, berbohong.

2. norma hukum
Tidak membayar pajak bumi bangunan kepada pemerintah.Tidak mengenakan helm ketika mengendarai sepeda motor.Melanggar peraturan lalu lintas.Tidak membawa STNK ketika berkendara.Melakukan penipuan.Membunuh, mencuri, berjudi

3. norma adat
Menguburkan mayat bagi warga Bali yang beragama Hindu.Adik menikah duluan daripada kakak bagi suku Lampung.Tidak mengadakan acara yasinan bila sanak keluarga atau kerabat ada yang meninggal bagi suku Jawa.Tidak memakai kain Ulos ketika ada acara pernikahan bagi suku Batak.Mengadakan perkawinan yang sama marga bagi suku Batak.Tidak mengadakan acara tumpengan bila membangun rumah baru bagi suku Jawa.

4. norma kesopananMeludah disembarang tempat.Masuk rumah orang lain tanpa permisi.Tidak menghormati orang yang lebih tua dan dituakan.Tutur kata yang tidak sopan, dan menyakiti lawan bicara.Tidur saat belajar di kelas.

5. norma kesusilaan
Membunuh.Berkata dusta.Tidak menghormati sesama manusia.Tidak berbuat baik bagi orang lain.Tidak berlaku adil.

Jenis jenis pelanggaran norma di lingkungan sekitar dan sanksinya

Pertanyaan: Jenis jenis pelanggaran norma di lingkungan sekitar dan sanksinya

mencuri sangsi nya penjara

Jenis-jenis norma antara lain:

Contoh Pelanggaran norma
1. Norma susila, yaitu peraturan hidup yang berasal dari hati nurani manusia. Norma susila menentukan mana yang baik dan mana yang buruk. Norma susila yang mendorong manusia untuk kebaikan akhlak pribadinya. Norma susila melarang manusia untuk berbuat tidak baik, karena bertentangan dengan hati nurani setiap manusia yang normal. Contoh-contoh norma susila antara lain:
a. Jangan mencuri barang milik orang lain.
b. Jangan membunuh sesama manusia.
c. Hormatilah sesamamu.
d. Bersikaplah jujur.

Norma susila memiliki sanksi atau ancaman hukuman bagi yang melanggar norma tersebut dan sanksinya adalah perasaan manusia itu sendiri, yang akibatnya adalah penyesalan.
Norma kesopanan, yaitu ketentuan hidup yang berasal dari pergaulan dalam masyarakat. Dasar dari norma kesopanan adalah kepantasan, kebiasaan dan kepatutan yang berlaku dalam masyarakat. Norma kesopanan sering dinamakan norma sopan santun, tata krama atau adat istiadat. Norma sopan santun yang aktual dan khas berbeda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain. Contoh-contoh norma kesopanan, antara lain:
a. Yang muda harus menghormati yang lebih tua usianya.
b. Berangkat ke sekolah harus berpamitan dengan orang tua terlebih dahulu.
c. Memakai pakaian yang pantas dan rapi dalam mengikuti pelajaran di sekolah.
d. Janganlah meludah di dalam kelas. Bagi mereka yang melanggar norma kesopanan, sanksi yang dijatuhkan akan menimbulkan celaan dari sesamanya, dan celaan itu dapat berwujud kata-kata, sikap kebencian, pandangan rendah dari orang sekelilingnya, dijauhi dari pergaulan, sehingga akan menimbulkan rasa malu, rasa hina, rasa dikucilkan yang dirasakan sebagai penderitaan batin.
Norma agama, yaitu ketentuan hidup yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa, yang isinya berupa larangan, perintah-perintah, dan ajaran. Norma agama berasal dari wahyu Tuhan dan mempunyai nilai yang fundamental yang mewarnai berbagai norma yang lain, seperti norma susila, norma kesopanan, dan norma hukum.
Contoh-contoh norma agama, antara lain:
a. Tidak boleh membunuh sesama manusia.
b. Tidak boleh merampok harta orang lain.
c. Tidak boleh berbuat cabul.
d. Hormatilah bapak ibumu.
Terhadap pelanggar norma agama akan dikenakan sanksi oleh Tuhan kelak di akhirat nanti, yang dapat berupa dimasukkan dalam neraka.
Norma hukum, yaitu ketentuan yang dibuat oleh pejabat yang berwenang yang mempunyai sifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia dalam per­gaulan hidup di masyarakat dan mengatur tata tertib kehidupan ber­masyarakat.

Pembunuhan merupakan contoh pelanggaran norma hukum

Contoh beberapa norma hukum, antara lain:
a. Pasal 362 KUHP yang menyatakan bahwa barang siapa mengambil sesuatu barang yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh rupiah.
b. Pasal 1234 BW menyatakan bahwa tiap-tiap perikatan adalah untuk memberikan sesuatu, untuk berbuat sesuatu atau untuk tidak berbuat sesuatu.
c. Pasal 40 ayat (1) Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 (Undang-Undang tentang Tindak Pidana Pencucian Uang) menyatakan bahwa setiap orang yang melaporkan terjadinya dugaan tindak pidana pencucian uang, wajib diberi perlindungan khusus oleh negara dari kemungkinan ancaman yang membahayakan diri, jiwa, dan atau hartanya, termasuk keluarganya.
d. Pasal 51 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 (Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah) menyatakan bahwa Kepala Daerah diberhentikan oleh Presiden tanpa melalui Keputusan DPRD apabila terbukti melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan hukuman lima tahun atau lebih atau diancam dengan hukuman mati sebagaimana yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.
Bagi pelanggar norma hukum dapat dikenakan sanksi berupa pidana penjara ataupun denda maupun pembatalan atau pernyataan tidak sahnya suatu kegiatan atau perbuatan, dan sanksi tersebut dapat dipaksakan oleh penguasa atau lembaga yang berwenang.
SEMOGA MEMBANTU

1. Apa jenis norma yang dilanggar, dan apa akibat yang

Pertanyaan: 1. Apa jenis norma yang dilanggar, dan apa akibat yang ditimbulkan jika kita menebang hutan secara liar?

2. Apa jenis norma yang dilanggar, dan apa akibat yang ditimbulkan jika kita membuang sampah di tepi jalan?

3. Apa jenis norma yang dilanggar, dan apa akibat yang ditimbulkan jika kita menyebrang jalan tidak pada tempat penyeberangan ?

4. Apa jenis norma yang dilanggar, dan apa akibat yang ditimbulkan jika kita membuang sampah di sembarang tempat?

5. Apa jenis norma yang dilanggar, dan apa akibat yang ditimbulkan jika kita meludah di sembarang tempat?

1. Norma hukum akan dikenakan sanksi
2. Norma hukum, akan di ingatkan agar tidak membuang sampah di pinggir jalan
3. Norma hukum, akan diingatkan kembali
4. Norma hukum, akan diingatkan agar tdk meludah sembarang-an
5. Norma hukum, akan diingatkan agar tdk meludah sembarang-an

1) Norma Hukum. Akibatnya hutan akan menjadi gundul. 2) Norma Kebiasaan. Akibatnya jalan akan menjadi kotor. 4) akibatnya akan menjadi kotor. 5) norma kebiasaan.

Apa jenis norma yang dilanggar​

Pertanyaan: Apa jenis norma yang dilanggar​

Jawaban:

• Norma agama : atura dalam beragama , sanksi merupakan urusan individu dengan Tuhannya .

• Norma kesusilaan : aturan dalam bermasyarakat , sanksi berupa sanksi . sosial

• Norma kesopanan : aturan dalam berperilaku dengan orang lain , sanksi berupa sanksi sosial . Norma hukum : aturan yang dibuat oleh pemerintah dan bersifat memaksa , sanksi berupa sanksi pidana dan perdata .

jenis norma, pelanggaran, dan sanksinya

Pertanyaan: jenis norma, pelanggaran, dan
sanksinya

Norma Agama : tidak berdoa, jarang beribadah. Sanksi : dosa (saat meninggal dunia)
Norma Kesusilaan : mencuri. Sanksi : merasa bersalah, malu, takut
Norma Kesopanan : berpakaian kurang sopan, memotong pembicaraan orang lain. Sanksi : dikucilkan, dicemooh orang lain, diejek
Norma Hukum : telat membayar pajak, melanggar aturan lalu lintas. Sanksi : denda, penjara (maaf kalau salah)

norma agama kesopanan hukum

2. Identifikasi apabila terjadi pelanggaran terhadap norma-norma tersebut. Tuliskan hasilnya

Pertanyaan: 2. Identifikasi apabila terjadi pelanggaran terhadap norma-norma tersebut. Tuliskan hasilnya dalam format seperti berikut! Jenis Norma Jenis Pelanggaran Bentuk Sanksi Solusi Pencegahannya Norma susila Norma agama Norma kesopanan Norma hukum​

Jawaban:

jika kita melanggar Norma agama :

kita akan mendapat dosa .

melanggar norma hukum :

akan terkena sanksi dari negara .

melanggar norma kesopanan :

jika kita melanggar Norma kesopanan ,dan jika kita tidak sopan kepada orang tua maupun kerabat kita akan terbiasa hingga besar ,akan selalu bertutur TDK sopan

norma susila ;

akan terkena sanksi dari yg berkenan ,atau yg lebih jelas dari negara

norma kesusilaan :

kita harus bertingkah laku jujur , karena jika kita akan lebih di percaya ,dan jika kita TDK jujur kita tidak akan di hargai dan di percaya

Sebutkan jenis jenis norma dan sanksi pelanggarannya

Pertanyaan: Sebutkan jenis jenis norma dan sanksi pelanggarannya

Jawaban:

Norma agama, berasal dari Tuhan Yang Maha Esa, sanksinya berupa dosa yang akan ditanggung di akhirat. Norma kesusilaan, berasal dari hati manusia itu sendiri, sanksinya adalah gangguan secara mental. Norma kesopanan, berasal dari pergaulan, sanksinya adalah dikucilkan dari masyarakat.

DI GAMBAR YA KAK JAWABANNYA

Penjelasan:

Semoga membantu trimakasih

jenis jenis pelanggaran norma masyarakat​

Pertanyaan: jenis jenis pelanggaran norma masyarakat​

Jawaban:

norma kesusilaan

norma kesopanan

norma agama

norma hukum

Penjelasan:

semoga membantu

jenis pelanggaran norma?

Pertanyaan: jenis pelanggaran norma?

pelanggaran norma hukum:tdk menaati uud
tdk menaati praturan lalu lintas
pelanggaran norma susila:membunuh sesama,sering berbohong,mencuri barang milik org lain
pelanggaran norma kesopanan:memakai pakaian tdk pantas,berkata kasar pd tmnaupun kluarga
pelanggaran notma agama:tdk sering sembahyang,saling mengejek agama lain.

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai apa jenis norma yang dilanggar, kamu juga bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan seperti jenis jenis pelanggaran, kelompokkan jenis pelanggaran, sanksi terhadap pelanggaran, 2. Identifikasi apabila, and Apa jenis norma.